Google+ Followers

22 Desember 2015

CARA BERMAIN GITAR BASS

3 Metode : Memilih Gitar Bass, Memainkan Gitar Bass dan Melanjutkan Pembelajaran Anda

Belajar bermain gitar bass adalah salah satu cara untuk membuat hidup Anda penuh warna dengan musik. Walaupun mempelajari alat musik baru dapat terlihat membosankan, mempelajari hal dasarnya sendiri bisa tergolong mudah dan bermanfaat.

Metode 1 dari 3: Memilih Gitar Bass

  1. Gambar berjudul Play Bass Step 1

    1. Pilih jumlah senar gitar. Karena gitar bass memerlukan listrik, bentuk atau warna dari gitar bass dapat bermacam-macam namun tetap memiliki suara yang bagus. Yang lebih penting adalah memilih gitar yang memiliki jumlah senar yang cocok dengan kemampuan Anda. Sebagai pemula, akan lebih baik memulai dengan gitar bass yang memiliki 4 senar.
    • Gitar bass biasanya mempunyai 4 senar dan gitar jenis ini termasuk jenis yang paling dasar. Hampir semua musik gitar bass dapat dimainkan dengan 4 senar saja, dan karena lebar fretnya lebih kecil daripada gitar dengan 5 dan 6 senar, maka akan lebih mudah memainkannya.
    • Sebuah gitar dengan 4 senar memiliki nada dasar EADG, namun jika Anda mau, Anda dapat mengubahnya menjadi seperti gitar 5 senar dengan mengubah nada dasarnya menjadi BEAD.
    • Gitar 5 dan 6 senar sangat bagus karena memiliki jangkauan nada yang lebih luas untuk dimainkan. Namun, gitar ini membutuhkan kemampuan tinggi dari pemainnya untuk mengendalikan suara senar agar tidak bertabrakkan dan juga untuk mencapai seluruh nada.[1]
  2. Gambar berjudul Play Bass Step 2

    2. Memilih jangkauan nada. Jangkauan nada sebuah gitar bass ditandai dengan jarak dari ujung gitar ke badan gitar, yang tidak lain adalah panjang senar gitar. Gitar yang memiliki jangkauan nada yang panjang mempunyai senar yang lebih panjang dan menghasilkan suara yang lebih rendah. Gitar dengan jangkauan nada yang pendek mudah dimainkan untuk pemula, namun suara yang dihasilkan tidak sevariatif gitar dengan jangkauan nada panjang.
    • Kebanyakan gitar memiliki ukuran 34”, namun Anda juga dapat menemukan ukuran gitar kecil (di bawah 30”), ukuran sedang (30” - 33”), dan ukuran ekstra panjang (35” atau lebih)
    • Pilihlah gitar dengan ukuran 34”, jika ukuran tangan Anda tidak terlalu kecil atau terlalu besar untuk menghasilkan suara yang baik.
    • Jika Anda memutuskan untuk membeli gitar bass dengan 5 atau 6 senar, pilihlah ukuran gitar yang lebih besar untuk suara yang lebih bagus. Pilih ukuran gitar minimal 35” jika Anda memilih gitar dengan 5 atau 6 senar.[2]
  3. Gambar berjudul Play Bass Step 3

    3. Memilih gitar dengan fret atau tidak. Fret adalah bagian yang ditandai dengan metal pada gitar. Fret membantu menandai not-not berbeda yang dapat dimainkan dan dapat ditemukan di setiap gitar. Namun ketika Anda membeli gitar bass, Anda dapat memilih gitar tanpa fret.
    • Sebuah gitar tanpa fret tidak memiliki penanda yang terbuat dari metal dan hanya terdiri dari leher gitar yang mulus.
    • Gitar tanpa fret akan lebih sulit dimainkan karena tidak ada penanda not yang ingin Anda mainkan ada di bagian mana. Dan Anda harus bermain bass dengan mengandalkan suara saja.
    • Untuk pemula, lebih baik Anda memilih gitar dengan fret untuk memberi Anda petunjuk tentang not dan peletakkan jari. Setelah beberapa lama Anda dapat berpindah ke gitar tanpa fret untuk tantangan yang lebih dan variasi suara yang sedikit berbeda.[3]
  4. Gambar berjudul Play Bass Step 4

    4. Memilih bahan dasar. Gitar bass terbuat dari beberapa bahan dasar yang berbeda, termasuk bahan kayu lunak, kayu keras, atau bahan buatan. Setiap bahan dasar gitar sedikit berpengaruh pada suara yang dihasilkan.
    • Kayu keras, seperti maple, walnut, ebony dan perkusi akan menghasilkan suara perkusi.
    • Kayu lunak seperti alder, basswood, dan swamp ash, akan menghasilkan suara yang lebih lembut.
    • Bahan dasar buatan gitar yang paling terkenal adalah grafit, walaupun luthite juga sering digunakan untuk membuat gitar bass. Bahan ini memiliki suara yang konsisten, karena bahan dasar ini tidak berbeda jauh dengan bahan dasar alami.
    • Kebanyakan gitar bass terbuat dari bahan dasar campuran, terutama bahan dasar leher gitar dengan bagian gitar lain. Ini juga merupakan pilihan yang baik, jadi Anda tidak perlu mencari gitar dengan satu bahan dasar.[4]
  5. Gambar berjudul Play Bass Step 5

    5. Membeli amplifier. Untuk memainkan gitar bass, Anda harus menyambungkannya dengan sebuah amplifier untuk mendengar suara gitarnya. Sebuah amplifier memiliki 3 bagian: power amp, preamp, dan speaker cabinet. Cara yang paling mudah adalah dengan membeli combo amp. Walaupun amplifier jenis ini masih kurang dalam hal suara dibandingkan dengan amplifier besar atau bagian amplifier terpisah, combo amp lebih mudah digunakan oleh pemula.[5]

Metode 2 dari 3: Memainkan Gitar Bass

  1. Gambar berjudul Play Bass Step 6

    1. Memegang gitar bass dengan benar. Agar dapat memainkan musik yang indah, sangat penting untuk mempelajari posisi yang benar. Anda harus selalu menggunakan tali selempang gitar agar tangan Anda dapat fokus memainkan nada-nada yang Anda inginkan.
    • Anda dapat duduk atau berdiri, namun pastikan Anda mempunyai postur yang baik. Dan pastikan selempang gitar Anda menopang gitar Anda di ketinggian yang sama ketika Anda duduk ataupun berdiri.
    • Gitar seharusnya di letakkan di antara pinggang dan tulang leher. Kebanyakan orang memainkan gitar di perut, namun ini hanya pilihan pribadi.
    • Gitar sebaiknya di miringkan sekitar 30 derajat, agar Anda tidak perlu menekuk pergelangan tangan Anda terlalu jauh.[6]
  2. Gambar berjudul Play Bass Step 7

    2. Mengatur nada gitar. Pengaturan nada standar pada gitar dengan 4 senar adalah E-A-D-G, dengan E sebagai senar paling bawah dan G sebagai senar paling atas. Anda dapat mengatur nada gitar dengan mendengarkan nadanya, yang terkadang kurang tepat atau menggunakan electric tuner yang lebih tepat pengaturan nadanya. Untuk mengatur pitch nada setiap senar, Anda cukup memutar bagian atas gitar.
  3. Gambar berjudul Play Bass Step 8

    3. Berlatih memetik. Gitar bass tidak seperti gitar lain yang senarnya dapat dimainkan dengan cara memetik seluruh senar bersamaan, gitar bass hanya dapat dimainkan dengan memetik satu per satu senar yang ada. Sangat penting untuk berlatih cara memetik gitar bass untuk menghasilkan suara yang indah. Gitar bass juga dapat dipetik seperti gitar biasa, yang tergantung pada jenis musik yang dimainkan.
    • Selalu potong kuku jari Anda. Kuku Anda akan berpengaruh terhadap suara yang dihasilkan senar gitar.
    • Petik menggunakan dua jari untuk meningkatkan efisiensi. Petik gitar menggunakan jari tengah dan jari telunjuk secara bergantian. Tidak masalah dengan jari apa Anda memulai, asalkan kecepatan dan irama kedua jari tetap sama.
    • Petik senar berdekatan dengan leher gitar untuk nada yang lembut. Jika Anda memetik senar di bagian ujung badan gitar, suara yang dihasilkan akan lebih perkusi. Ketika Anda berlatih, lokasikan petikan Anda ke area gitar tertentu tanpa sering berpindah-pindah.
    • Petik senar dengan cara menggesekan ujung jari Anda ke senar. Jangan menarik senar pada saat memainkan gitar, karena suara yang dihasilkan kurang enak didengar. Jika Anda ingin memperbesar suara, besarkan tingkat suara di amplifier, bukan menguatkan petikan pada senar.
  4. Gambar berjudul Play Bass Step 9

    4. Matikan suara senar yang tidak Anda mainkan. Untuk menghasilkan suara yang lebih jelas dan tidak mengganggu nada yang Anda mainkan, penting untuk mematikan suara getaran senar dengan cara menahannya dengan jari Anda.
    • Jaga agar ibu jari Anda tetap dekat dengan senar E sesering mungkin, agar ketika Anda tidak memainkan nada dengan ibu jari, Anda bisa menggunakannya untuk mematikan suara senar E.
    • If you have to skip strings to play multiple notes, try using multiple fingers to help with muting.
    • Anda juga bisa memindahkan ibu jari Anda ke senar selain E untuk mematikan suara senar lain jika Anda sedang mainkan nada tinggi.
    • Jangan menekan senar ke bawah, namun cukup letakkan jari atau ibu jari Anda pada senar untuk mencegah getaran senar yang dapat menghasilkan suara.[7]
  5. Gambar berjudul Play Bass Step 10

    5. Mempelajari cara bermain root. Root adalah nada dasar dari sebuah kord yang Anda mainkan. Kord A dimainkan dengan cara membunyikan beberapa senar, dan biasanya root adalah nada yang dimainkan pada nama kord. Biasanya, Anda akan bermain bass dengan hanya fokus pada root dari setiap kord yang ada.
  6. Gambar berjudul Play Bass Step 11

    6. Belajar bermain oktaf. Semua jenis musik terdiri dari 12 not, yang bisa dimainkan dengan pitch rendah ataupun tinggi. Tingkat ketinggian nada not tersebut disebut juga oktaf.
    • Untuk memainkan nada yang oktafnya lebih tinggi dari nada yang Anda mainkan, turun dua senar dan geser dua fret ke kanan.
    • Untuk memainkan nada yang oktafnya lebih rendah dari nada yang Anda mainkan, naik dua senar dan 2 fret ke kiri.
    • Anda dapat memainkan oktaf rendah dengan jari telunjuk dan oktaf tinggi dfengan jari manis. Gunakan jari Anda yang lain untuk mematikan suara senar yang tidak dimainkan.[8]
  7. Gambar berjudul Play Bass Step 12

    7. Belajar memainkan root dan nada kord ke lima. Setelah Anda mengerti nada root, pelajarilah nada kord ke lima. Nada ke lima adalah nada yang berjarak 5 nada dari root. Biasanya nada ini dimainkan bersamaan, untuk mengiringi pemain gitar atau piano. Untungnya menemukan nada ini sangatlah mudah.
    • Untuk memainkan nada ke lima di atas, geser dua fret ke kanan di senar berikutnya.
    • Untuk memainkan nada ke lima di bawah, tetap tekan fret yang sama dan pindah ke senar sebelumnya.[9]
  8. Gambar berjudul Play Bass Step 13

    8. Jaga irama ketika berlatih. Tugas terpenting dari seorang pemain bass adalah menjaga irama dari musik yang ia mainkan. Bass akan memberikan suara yang indah pada setiap musik, tapi tugas yang terpenting adalah menjaga irama dari musik tersebut. Setelah Anda mahir dalam memetik dan memainkan nada yang tepat, berlatihlah untuk menjaga irama musik.
    • Dengarkan suara pemain bass di lagu kesukaan Anda untuk mempelajari bagaimana memainkan irama musiknya.
    • Beli sebuah metronome untuk membantu Anda berlatih. Metronome adalah sebuah alat yang menghasilkan bunyi dengan tempo tertentu, membantu Anda untuk menyesuaikan irama dan tempo. Anda dapat mengatur kecepatan metronome untuk berlatih irama pelan ataupun cepat.[10]
  9. Gambar berjudul Play Bass Step 14

    9. Berlatih dengan rutin. Hal yang terpenting untuk mempelajari alat musik baru adalah berlatih dengan rutin. Berlatih hanya beberapa menit setiap minggunya akan membuat Anda sulit menguasai alat musik ini. Berlatihlah paling sedikit 10-20 menit setiap harinya untuk melatih tangan Anda terbiasa bermain bass, dan juga membuat suara bass yang Anda mainkan semakin indah.

Metode 3 dari 3: Melanjutkan Pembelajaran Anda

  1. Gambar berjudul Play Bass Step 15

    1. Memulai mempelajari tablatur. Tablatur adalah petunjuk yang mengajarkan Anda bagaimana memainkan not lagu tertentu jika Anda tidak tahu cara membaca partitur musik. Karena banyak orang yang tidak tahu cara membaca partitur, tablatur menjadi semakin terkenal.
  2. Gambar berjudul Play Bass Step 16

    2. Belajar mempelajari tangga nada. Walaupun terlihat membosankan, tangga nada adalah hal yang penting jika Anda ingin menjadi musisi yang serius. Mempelajari tangga nada akan membantu petikan jari, kecepatan, dan kelincahan jari Anda, dan juga membantu Anda untuk memainkan nada improvisasi.
  3. Gambar berjudul Play Bass Step 17

    3. Mencoba bermain solo. Bermain solo adalah ketika seorang musisi bermain menunjukan kemampuannya dan memainkan nada-nada yang bervariasi, berbeda, dan kadang di improvisasi. Bermain solo adalah hal yang sulit, namun Anda akan terlihat hebat.
  4. Gambar berjudul Play Bass Step 18

    4. Memulai menciptakan lagu sendiri. Ketika Anda sudah mulai bosan memainkan lagu orang lain, mungkin saatnya bagi Anda untuk membuat musik Anda sendiri. Menciptakan lagu Anda sendiri membutuhkan waktu yang lama, latihan yang banyak, dan memulai dengan awal yang salah, tapi menciptakan lagu Anda sendiri merupakan suatu kebanggaan pribadi.

Tips

  • Lakukan pengecekan terhadap teknik Anda. Membiasakan teknik yang benar dari awal dapat membantu Anda ketika belajar.
  • Mendengar lagu yang Anda sukai dan mainkan. Latihan Anda semakin mudah karena Anda sudah mengetahui lagunya!
  • Menekan fret pada gitar dengan jari-jari di tangan kiri sangat penting karena ini adalah faktor utama yang menentukan kkualitas suara yang dihasilkan. Coba letakkan jari Anda dekat dengan fret di sebelah kanan. Tangan kanan Anda juga harus dilatih agar permainan bass Anda semakin variatif. Belajarlah memainkan bass sambil mengekspresikan diri Anda dan jadikan ini sebagai hobi Anda. Latihan, kesabaran, dan rasa penasaran akan memberikan hasil.
  • Bertanya pada musisi lain akan membantu meningkatkan kemampuan Anda.
  • Mencari guru yang bagus. Ingat, seorang pemainn bass yang hebat bukan berarti dia seorang guru yang bagus. Seorang guru yang bagus akan menguji kemampuan Anda dan membantu Anda untuk mengerti alat musik yang Anda pelajari.

Peringatan

  • Ujung jari Anda akan lecet. Sama seperti kebanyakan olahraga, tetap bermain dan jari Anda akan sembuh dengan sendirinya.
  • Ada saatnya dimana Anda akan merasa frustrasi. Tapi bukan berarti Anda harus menyerah!
  • Pastikan Anda memposisikan alat musik Anda dengan benar. Jika tidak, pergelangan tangan Anda akan terluka. Dan juga Anda harus mengulang mempelajari cara yang benar dari awal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar anda di sini.