Google+ Followers

14 September 2009

PEMANFAATAN DAN PENGGUNAAN PESAWAT UDARA NIRAWAK BAGI TNI AU.

Globalisasi telah menyebar keseluruh dunia dengan hasil teknologi yang telah mempengaruhi kehidupan masyarakat dunia dan menimbulkan perubahan yang sangat mendasar dalam tatanan hubungan antar bangsa ini yang lebih banyak dikendalikan oleh negara-negara maju, serta hubungan kerja sama yang terus meningkat terasa kurang seimbang. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat pada era globalisasi, telah menyebabkan ketergantungan terhadap fungsi dan peran dirgantara semakin tinggi. Semua negara sudah merasakan dampak dari globalisasi tersebut. Ilmu pengetahuan dan teknologi dirgantara dewasa ini masih dikuasai oleh beberapa negara, terutama kelompok negara maju yang sangat protektif di dalam alih teknologi terhadap negara-negara lain di luar kelompoknya. Dengan adanya persaingan yang semakin meningkat seperti tersebut di atas, maka umumnya proteksi alih teknologi ini masih akan terus berlangsung, walaupun kadar proteksi bagi alih teknologi tertentu dapat berkurang dalam rangka menciptakan pasar yang lebih besar bagi penggunaan teknologi lain yang benar-benar diproteksi oleh negara maju.


Indonesia tentunya tidak dapat melepaskan diri dari globalisasi ini, bahkan harus dapat berperan untuk mengamankan kepentingan nasional. Peran tersebut antara lain akan diwujudkanmelalui upaya pembangunan kedirgantaraan. Pembangunan kedirgantaraan ditujukan padaperjuangan memperoleh pengakuan internasional atas hak penggunaan wilayahdirgantara nasional dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi untukmenghasilkan produk dan jasa kedirgantaraan. Dengan memperhatikan hal tersebut dan denganmempertimbangkan kemampuan Indonesia dalam ilmu pengetahuan dan tekologi yangmasih terbatas untuk itu perlu melakukan kerjasama dengan negara/pihak lain. Dalam perkembangan globalisasi,ketergantungan antar negara dalam semua aspek kehidupan di era globalisasi akansemakin kuat.

Peluang yang tersedia dalam era globalisasi dan keterbukaan ini perlu dimanfaatkan sebesar-besarnya dalam meningkatkan kemampuan bangsa Indonesia dalam semua unsur-unsur yang terkait dengan pembangunan kedirgantaraan nasional. Untuk itu perlu diupayakan dalam menjalin hubungan kerjasama bilateral dan multilateral, baik regional maupun internasional yang tepat yang dipedomani cara pandang dan sikap bangsa Indonesia dalam pendayagunaan dirgantara dalam rangka meningkatkan keamanan negara melalui forum internasional, baik dalam memperoleh dukungan maupun dalam mengembangkan potensi nasional dengan bantuan dari negara lain sebagai mitra sejajar. Dimana kerjasama ilmu pengetahuan dan teknologi dirgantara diarahkan untuk mendukung terwujudnya alih teknologi yang diperlukan dalam pemanfaatan, pengembangan dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi pertahanan kedirgantaraan yang dibutuhkan bagi kemajuan peradaban, serta ketangguhan TNI Angkatan Udara sebagai unsur bargaining power dalam aspek deterence dan tidak melupakan wawasan yang dilandasi nilai-nilai spiritual, moral, dan etika didasarkan nilai luhur budaya bangsa serta nilai keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. (iwo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar anda di sini.